Tugas 1 | Peng.Teknologi Sistem Cerdas
Pengertian Sistem cerdas
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligent, AI) telah menjadi wacana umum
yang sangat penting dan banyak dijumpai. Kecerdasan Buatan atau Sistem cerdas
atau Intelegensi Buatan atau Artificial Inteligence merupakan cabang terpenting
dalam dunia komputer. Komputer tidah hanya alat untuk menghitung, tetapi
diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bias dikerjakan
oleh manusia. Manusia mempunyai pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penalaran
dengan baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka
komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar.
Sejarah kecerdasan buatan
Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol yang bernama Torres Y Quevedo,
membuat sebuah mesin yang dapat mengskakmat raja laannya dengan sebuah raja dan
ratu.
Perkembangan secara sistematis kemudian dimulai ditemukannya komputer
digital.
·
Pada tahun 1950-an Alan Turing seorang
matematikawan dari Inggris. Pertama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat
bias tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas(dikenal dengan Turing Test)
seolah-olah mesin mampu merespon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan.
·
Istilah kecerdasan buatan dimunculkan pertama
kali pada tahun 1956 ketika John Mc Cathy dari Massachusets Institute of
Technology (MIT) menciptakan bahasa pemrograman LISP
·
Loghic Theorist (1956), diperkenalkan pada
Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema-teorema matematika.
·
Mesin Neural Network pertama oleh Marvin Minsky
(1958)
·
Sad Sam, deprogram oleh Robert K. Lindsay
(1960), program ini dapat mengetahui kalimat-kalimat sederhana yang ditulis
dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta-fakta yang
didengar dalam sebuah percakapn.
·
Muncul logika samar (1965) yang merupakan
pelaksanaan konsep samar di atas system komputer. Logika samar mengukur
ketidaktepatan dengan cara yang tepat, seperti yang diperlukan mesin.
·
ELIZA (1967), diprogram oleh Joseph Weizenbaum,
yang mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa
pertanyaan.
·
Program Microworld dengan penciptaan proyek
SHRDLU (1968) merupakan Expert System yang pertama.
·
Pada tahun 1972 bahasa Prolog dimunculkan.
·
John Holland (1975) mengatakan bahwa setiap
problem berbentuk adaptasi (alami maupun buatan) secara umum dapat
diformulasikan dalam terminologi genetika (Algoritma Genetika) .
·
Sistem catur AI mengalahkan manusia (Pecatur
master) pada tahun 1991.
·
Robotik, peranti mekanika yang diprogram untuk
melakukan berbagai tugas.
Definisi Kecerdasan Buatan
Kecerdasan Buatan adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai
intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas” (John Mc Cathy,
1956)
Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi
yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang
dalam pandangan manusia adalah – cerdas. (H.A Simon, 1987)
Kecerdasan merupakan bagian kemampuan komputasi untuk mencapai tujuan
dalam dunia. Ada bermacam-macam jenis dan derajat kecerdasan untuk manusia,
hewan dan mesin.
Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat
komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh
manusia. ( Rich and Knight, 1991)
Kecerdasan buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam
mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol
daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic (Metode
Heuristik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah yang
mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang biasanya
menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang lebih sederhana yang
mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah yang lebih kompleks.) atau
dengan berdasarkan sejumlah aturan.( Encyclopedia Britannica)
Kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar atau mengerti dari pengalaman.
Memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu, menanggapi dengan cepat dan baik
atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah dan
menyelesaikannya secara efektif (Winston dan Pendergast, 1994)
Al dapat dipandang dalam berbagai perspektif.
Dari perspektif kecerdasan
Ai adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan
hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia.
Dari perspektif penelitian
Suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu
sebaik yang dikerjakan manusia.
Domain yang sering dibahas oleh peneliti meliputi:
a) Mundane task
- Persepsi (Vision & Speech)
- Bahasa alami (Understanding, Generation, Translation)
- Pemikiran yang bersifat commonsense
- Robot control
b) Formal task
- Permainan/games
- Matematika (geometri, logika, kalkulus, integral, pembuktian)
c) Expert task
- Analisis financial
- Analisis medikal
- Analisis ilmu pengetahuan
- Rekayasa (desain, pencarian kegagalan,perencanaan manufaktur )
Dari perspektif bisnis
Ai adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi
yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis.
Dari perspektif pemrograman
Meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem
solving) dan pencarian (searching).
Dua bagian utama yang sangat dibutuhkan untuk melakukan aplikasi
kecerdasan buatan, yaitu :
a) Basis Pengetahuan (Knowledge base), berisi fakta-fakta, teori,
pemikiran dan hubungan antara satu dan yang lainnya.
b) Motor inferensi (Inference engine), yaitu kemampuan menarik kesimpulan
berdasarkan pengalaman.
Konsep kecerdasan buatan
TIRING TEST – METODE PENGUJIAN KECERDASAN
·
Turing Test – Metode Pengujian Kecerdasan yang
dibuat oleh Alan Turing.
·
Proses uji ini melibatkan penanya (manusia) dan
dua objek yang ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia dan satunya adalah
sebuah mesin yang akan diuji.
·
Penanya tidak bisa melihat langsung kepada objek
yang ditanya.
·
Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban
computer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua objek tersebut.
·
Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban
mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji
tersebut dapat diasumsikan “cerdas”.
PEMROSESAN SIMBOLIK
·
komputer semula didesain untuk memproses
bilangan/angka-angka.(pemrosesan numerik)
·
Sementara manusia dalam berpikir dan
menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak didasarkan pada sejumlah
rumus atau melakukan komputasi matematis.
·
Sifat penting dai AI adalah bahwa AI merupakan
bagian dari ilmu komputer yang melakukan proses secara simbolik dan non
algoritmik dalam penyelesaian masalah.
HEURISTIK
·
Istilah Heuristic diambil dari bahasa yunani
yang berarti menemukan.
·
Heuristic merupakan suatu strategi untuk
melakukan suatu pencarian (search) ruang problema secara selektif, yang memandu
proses pencarian yang kita lakukan sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan
sukses paling besar.
·
PENARIKAN KESIMPULAN (INFERENCING)
·
AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan
berpikir atau mempertimbangkan (reasoning)
·
Kemampuan berpikir (reasoning) termasuk
didalamnya proses penarikan kesimpulan (inferencing) berdasarkan fakta-fakta
dan aturan dengan menggunakan metode heuristic atau metode pencarian lainnya.
PENCOCOKAN POLA (PATTERN MATCHING)
AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern matching) yang berusaha
untuk menjelaskan objek kejadian (events) atau proses dalam hubungan logik atau
komputasional.
Tujuan Kecerdasan Buatan
- Membuat computer lebih cerdas
- Mengerti tentang kecerdasan
- Membuat mesn lebih berguna
- Keuntungan kecerdasan buatan disbanding kecerdasan alami:
- Lebih bersifat permanen
- Lebih mudah dipublikasi atau disebarkan
- Lebih murah dibandingkan kecerdasan alami
- Bersifat konsisten
- Dapat didokumentasikan
- Dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan alami.
Keuntungan kecerdasan alami disbanding AI:
·
Kreatif
·
Dapat melakukan proses pembelajaran secara
langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa symbol dan
representasi-representasi.
·
Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas
sebagai referensi untuk pengambilan keputusan. Sebaliknya, AI menggunakan focus
yang sempit
SISTEM CERDAS YANG BANYAK DI KEMBANGKAN
Sistem pakar ( Expert System)
yaitu program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses
penalaran seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit. sistem pakar
merupakan aplikasi AI yang paling banyak Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
Yang member kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan
komputer dalam bahasa mereka sendiri (bahasa manusia). Komunikasi dapat
dilakukan dengan percakapan alih-alih menggunakan perintah yang biasa digunakan
dalam bahasa komputer biasa.
Bidang Pemrosesan Bahasa Alami di bagi lagi menjadi 2 bagian yaitu:
Pemahaman bahasa alami, yang mempelajari metode yang memungkinkan
komputer mengerti perintah yang diberikan dalam bahasa manusia biasa. Dengan
kata lain komputer dapat memahami manusia.
Pembangkitan bahasa alami, sering disebut juga sintesa suara. Yang
membuat komputer dapat membangkitkan bahasa manusia biasa sehingga manusia
dapat memahami komputer secara mudah.
·Pemahaman Ucapan/Suara (Speech/Voice Understanding)
Adalah teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan.
Proses ini mengijinkan seseorang berkomunikasi dengan komputer dengan
cara berbicara kepadanya.
Istilah pengenalan suara, mengandung arti bahwa tujuan utamanya adalah
mengenali kata yang diucapkan tanpa harus tahu apa artinya, dimana bagian itu
merupakan tugas pemahaman suara.
Secara umum prosesnya adalah usaha untuk menterjemahkan apa yang
diucapkan oleh seorang manusia menjadi kata-kata atau kalimat yang dimengerti
oleh komputer.
Sistem Sensor dan Robotika
Sistem sensor seperti system visi dan pencitraan serta system pengolahan
sinyal merupakan bagian dari robotika.
Sebuah robot yaitu, perangkat elektromagnetik yang diprogram untuk
melakukan tugas manual, tidak semuanya merupakan bagian AI.
Robot hanya melakukan aksi yang telah diprogramkan dikatakan sebagai
robot bodoh yang tidak lebih pintar dari lift.
Robot yang cerdas biasanya mempunyai perangkat sensor, seperti kamera,
yang mengumpulkan informasi mengenai operasi dan lingkungannya.
Kemudian bagian AI robot tersebut menterjemahkan informasi tadi dan
merespon serta beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan.
Tujuan dan Isi
Intelligent Systems merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan
rekayasa berurusan dengan cerdas adaptasi perilaku, dan pembelajaran di mesin
dan robot. sistem Intelligent prihatin dengan desain sistem komputasi yang
berfungsi dalam lingkungan yang berubah, tak terduga dan biasanya tidak lengkap
yang dikenal dengan menunjukkan kemampuan tingkat tinggi. Tujuannya adalah
untuk mengambil inspirasi dari alam, kinerja manusia dan alat-alat pemecahan
masalah matematis dalam rangka membangun sistem yang kuat dapat mencapai tujuan
yang kompleks dalam lingkungan yang kompleks menggunakan sumber daya komputasi
yang terbatas. sistem Intelligent menggunakan konsep-konsep yang berasal dari
ilmu saraf, sistem alam, biologi, ilmu kognitif, teknik, sistem fisik dan dari
kecerdasan buatan dan teknik optimasi.
Mahasiswa lulus dari program ini mengembangkan kemampuan untuk bekerja
pada masalah yang kompleks dan dalam karir masa depan mereka akan mampu
menerapkan kompetensi mereka di bidang interdisipliner dengan kemampuan
analisis dan teknis ditingkatkan. Contohnya termasuk perencanaan dan
penjadwalan, kontrol, robotika, prakiraan bisnis, mencari agen cerdas, video
game, musik buatan, menjawab otomatis dan diagnostik, dan tulisan tangan dan
pengenalan suara.
Bahan kursus, perangkat lunak alat dan robot mencerminkan keadaan terbaru
dari seni dan kesempatan lebih lanjut untuk keterlibatan akan timbul selama
proses tesis dengan mungkin kesempatan untuk belajar untuk PhD.
Program ini membentang lebih dari dua tahun (120 kredit ECTS) dan
terstruktur untuk memungkinkan para siswa untuk personalisasi kurikulum studi
mereka sesuai dengan kepentingan masing-masing. Biasanya, pada semester pertama
siswa menghadiri kelas dalam rangka memperoleh pengetahuan dasar. Semester
kedua dan ketiga yang didedikasikan untuk mata kuliah inti dan pilihan. Siswa
diminta untuk mengambil mata kuliah inti yang menganggap topik tertentu cerdas
sistem dan metodologi. Siswa menyelesaikan kurikulum mereka dengan pilihan yang
dapat dipilih di antara program yang ditawarkan oleh ini dan lainnya USI
program-program terkait. Selama semester terakhir, siswa Guru menulis tesis
mereka.
Pengajaran
Mengajar di Fakultas Informatika menekankan hubungan dekat antara
mahasiswa dan fakultas. Profesor yang mengejar penelitian tentang berbagai
topik dan peserta aktif dalam proyek penelitian Swiss dan internasional dan
jaringan. Mengunjungi profesor dari universitas terkenal melengkapi pengajaran
berkualitas. Semua kursus diajarkan dalam bahasa Inggris.
Sistem cerdas dalam rekayasa Power
Intelligent Systems merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan
rekayasa berurusan dengan cerdas adaptasi perilaku, dan pembelajaran di mesin
dan robot. sistem Intelligent prihatin dengan desain sistem komputasi yang
berfungsi dalam lingkungan yang berubah, tak terduga dan biasanya tidak lengkap
yang dikenal dengan menunjukkan kemampuan tingkat tinggi. Tujuannya adalah
untuk mengambil inspirasi dari alam, kinerja manusia dan alat-alat pemecahan
masalah matematis dalam rangka membangun sistem yang kuat dapat mencapai tujuan
yang kompleks dalam lingkungan yang kompleks menggunakan sumber daya komputasi
yang terbatas. sistem Intelligent menggunakan konsep-konsep yang berasal dari
ilmu saraf, sistem alam, biologi, ilmu kognitif, teknik, sistem fisik dan dari
kecerdasan buatan dan teknik optimasi.
program ini mengembangkan kemampuan untuk bekerja pada masalah yang
kompleks dan dalam karir masa depan mereka akan mampu menerapkan kompetensi
mereka di bidang interdisipliner dengan kemampuan analisis dan teknis
ditingkatkan. Contohnya termasuk perencanaan dan penjadwalan, kontrol,
robotika, prakiraan bisnis, mencari agen cerdas, video game, musik buatan,
menjawab otomatis dan diagnostik, dan tulisan tangan dan pengenalan suara.
Bahan kursus, perangkat lunak alat dan robot mencerminkan keadaan terbaru
dari seni dan kesempatan lebih lanjut untuk keterlibatan akan timbul selama
proses tesis dengan mungkin kesempatan untuk belajar untuk PhD.
Aplikasi dari Sistem Cerdas Membuat Robot Cerdas
Tahap-tahap pembuatan robot
Secara garis besar, tahapan pembuatan robot dapat dilihat pada gambar
berikut:
Ada tiga tahapan pembuatan robot, yaitu:
1. Perencanaan, meliputi: pemilihan hardware dan design.
2. Pembuatan, meliputi pembuatan mekanik, elektonik, dan program.
3. Uji coba.
1. Tahap perencanan
Dalam tahap ini, kita merencanakan apa yang akan kita buat, sederhananya,
kita mau membuat robot yang seperti apa? berguna untuk apa? Hal yang perlu
ditentukan dalam tahap ini:
- Dimensi, yaitu panjang, lebar, tinggi, dan perkiraan berat dari robot.
- Struktur material, apakah dari alumunium, besi, kayu, plastik, dan sebagainya.
- Cara kerja robot, berisi bagian-bagian robot dan fungsi dari bagian-bagian itu. Misalnya lengan, konveyor, lift, power supply.
- Sensor-sensor apa yang akan dipakai robot.
- Mekanisme, bagaimana sistem mekanik agar robot dapat menyelesaikan tugas.
- Metode pengontrolan, yaitu bagaimana robot dapat dikontrol dan digerakkan, mikroprosesor yanga digunakan, dan blok diagram sistem.
- Strategi untuk memenangkan pertandingan, jika memang robot itu akan diikutkan lomba/kontes robot Indonesia/Internasional.
2. Tahap pembuatan
Ada tiga perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu pembuatan
mekanik, elektronik, dan programming. Masing-masing membutuhkan orang dengan
spesialisasi yang berbeda-beda, yaitu:
- Spesialis Mekanik, bidang ilmu yang cocok adalah teknik mesin dan teknik industri.
- Spesialis Elektronika, bidang ilmu yang cocok adalah teknik elektro.
- Spesialis Programming, bidang ilmu yang cocok adalah teknik informatika.
Jadi dalam sebuah tim robot, harus ada personil-personil yang memiliki
kemampuan tertentu yang saling mengisi.
Pembuatan mekanik
Setelah gambaran garis besar bentuk robot dirancang, maka rangka dapat
mulai dibuat. Umumnya rangka robot terbuat dari alumunium kotak atau alumunium
siku. Satu ruas rangka terhubung satu sama lain dengan keling alumunium. Keling
adalah semacam paku alumunium yang berguna untuk menempelkan lembaran logam
dengan erat. R
Pembuatan sistem elektronika
Bagian sistem elektronika dirancang sesuai dengan fungsi yang diinginkan.
Misalnya untuk menggerakkan motor DC diperlukan h-brigde, sedangkan untuk
menggerakkan relay diperlukan saklar transistor. Sensor-sensor yang akan
digunakan dipelajari dan dipahami cara kerjanya, misalnya:
- Sensor jarak, bisa menggunakan SRF04, GP2D12, atau merakit sendiri modul sensor ultrasonik atau inframerah.
- Sensor arah, bisa menggunakan sensor kompas CMPS03 atau Dinsmore.
- Sensor suhu, bisa menggunakan LM35 atau sensor yang lain.
- Sensor nyala api/panas, bisa menggunakan UVTron atau Thermopile.
- Sensor line follower / line detector, bisa menggunakan led & photo transistor.
Berikut ini gambar sensor ultrasonik, inframerah, UVTron, dan kompas:
Pembuatan sistem elektronika ini meliputi tiga tahap:
- Design PCB, misalnya dengan program Altium DXP.
- Pencetakan PCB, bisa dengan Proboard.
- Perakitan dan pengujian rangkaian elektronika.
Pembuatan Software/Program
Pembuatan software dilakukan setelah alat siap untuk diuji. Software ini
ditanamkan (didownload) pada mikrokontroler sehingga robot dapat berfungsi
sesuai dengan yang diharapkan.
Tahap pembuatan program ini meliputi:
- Perancangan Algoritma atau alur program Untuk fungsi yang sederhana, algoritma dapat dibuat langsung pada saat menulis program. Untuk fungsi yang kompleks, algoritma dibuat dengan menggunakan flow chart.
- Penulisan Program Penulisan program dalam Bahasa C, Assembly, Basic, atau Bahasa yang paling dikuasai.
- Compile dan download, yaitu mentransfer program yang kita tulis kepada robot.
- Uji coba
Setelah kita mendownload program ke mikrokontroler (otak robot) berarti
kita siap melakukan tahapan terakhir dalam membuat robot, yaitu uji coba.
misalnya, ujicoba dilakukan pada arena seluas sekitar 4×4 meter dan berbentuk
seperti puzzle. Dalam arena ini di diletakkan lilin-lilin yang harus dipadamkan
oleh robot cerdas pemadam api.aa
Komentar
Posting Komentar